EMOTIONAL ICON (EMOTICON)

00.16 |


Di hadapan pengguna Internet, teks lebih dari sekedar huruf dan tanda baca. Pengguna Internet dengan kreatif mengubah huruf dan tanda menjadi simbol-simbol emosi dan menciptakan bahasa baru dalam berkomunikasi. Simbol-simbol dan emosi itu lebih dikenal dengan smiley atau emoticon. Kependekan dari emotional icon, ikon emosi. Emoticon sebenarnya rangkaian teks yang dalam cara melihat sesuatu, memberikan gambar ekspresi dan emosi orang.
Jika bertemu dengan orang yang baru saja memakai Internet dan belum terbiasa berkomunikasi dengan bahasa chatting seperti :-) :-( :-* ;-P maka kita harus meminta dia memiringkan kepalanya 90 derajat ke bahu kirinya agar bisa memahami emoticon tersebut. Dengan posisi tersebut dia baru menyadari bahwa tanda ’:’ mewakili mata dan tanda ’)’mewakili mulut.
Seiring perkembangannya, emoticon tidak hanya diketik dengan simbol-simbol yang ada pada keyboard. Beberapa software Messenger bahkan telah menterjemahkan emoticon-emoticon menjadi perintah untuk menampilkan gambar sederhana yang memperlihatkan ekspresi emosional wajah seperti J K dan L .
Contoh emoticon pada Yahoo! Messenger :

LATIHAN :
Cobalah gunakan emoticon sebagai pengganti kata-kata atau ekspresi dari wajahmu pada saat chatting dengan Yahoo Messenger.


0 komentar:

Posting Komentar